WORLD CANCER DAY



4 Februari 2016!!
Selamat Hari Kanker Sedunia, Fellaz.
Apa sih kanker itu?
Kanker adalah pertumbuhan dan penyebaran sel yang abnormal yang dapat mempengaruhi hampir semua bagian tubuh. Pertumbuhan kanker ini menyerang jaringan di sekitarnya dan dapat bermetastatis ke tempat yang jauh.
Faktanya menurut WHO, kanker merupakan salah satu penyebab morbiditas dan mortalitas di seluruh dunia dengan sekitar 14 juta kasus baru dan 8,2 juta kasus kanker menyebabkan kematian pada tahun 2012.

Penyebab dan faktor resiko kanker diantaranya :
* Karsinogen fisik, contohnya UV dan Radiasi
* Karsinogen kimia, contohnya aflatoksin (kontaminan dari makanan) dan arsen (kontaminan dari kimia)
* Karsinogen biologis , contohnya dari infeksi virus tertentu

Faktor resiko : Pengguna tembakau, alkohol, diet yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik. Hepatitis B dan beberapa Human Papiloma Virus dapat meningkatkan resiko kanker hati dan serviks.

Menurut WHO,lebih dari 30% kematian akibat kanker dapat dicegah denganmemodifikasi gaya hidup atau menghindari faktor resiko seperti diatas tadi dan melakukan 'deteksi dini' sebisa mungkin.

#WeCanICan
#KitaBisaSayaBisa

Kita BISA melakukan perubahan, pencegahan terhadap kanker, mengubah pandangan, meningkatkan kepedulian terhadap kanker, membangun tenaga kerja pengidap kanker yg berkualitas dan menciptakan lingkungan yg sehat.
Saya BISA memilih gaya hidup sehat, mengerti bahwa deteksi dini menyelamatkan hidup, meminta dukungan dan mendukung yg lain, mengendalikan pertumbuhan kanker, kembali bekerja dgn semangat, sharing cerita kamu dan sebarkan ilmu yg kamu tau.
So guyys, yuk kita mulai pola hidup sehat mulai dari sekarang dan jangan malas buat ngelakuin pendeteksian dini!!

#WorldCancerDay
#SemangatBermanfaat


0 komentar:

Posting Komentar